Layaknya Bunga

لسلام عليكم ورحمة الله و بركاته

   Apa kabar nih, setelah sekian lama #dirumahaja, hal apaaja sih yang udah kalian lakukan selama dirumah ? Pasti bermacam-macam kan? Entah dari mengasilkan sebuah karya hingga rebahan santuy.

   Oke gini, untuk artikel kali ini kita akan membahas tentang dendam. Loh apa hubunganya dendam sama bunga? Sedangakan di judul tertulis "Layaknya Bunga”??? Jadi gini...

   Pasti semua orang pernah merasakan kesal, mungkin hingga marah. Ada juga orang yang mungkin tersakiti baik fisik maupun hatinya. Tak semua orang dapat menerima dengan lapang dada hal-hal yang telah dilakukan orang lain padanya, apalagi bila hal tersebut yang membuatnya kecewa, sedih bahkan hingga sakit untuk raga maupun hatinya.

    Hal-hal tersebutlah yang dapat memicu adanya benih-benih dendam mulai tumbuh, bahkan sampai mendarah daging. Namun, sebagai seorang muslim alangkah lebih baiknya kita mencegah semua benih-benih dendam yang akan tumbuh pada hati kita. Dan apabila kita telah memiliki dendam, segeralah untuk mencoba memaafkan dan mengikhlaskan. Karna dendam hanya akan memperburuk suasana hati kita.

   Untuk itu ada sedikit tips agar kita lebih mudah dalam memaafkan dengan cara pandang  kita,  yaitu:
  • Tuhan saja maha pemaaf, masa kita yang hanya manusia nggak mau memaafkan juga?
Sebagai seorang manusia biasa, mengapa kita tidak memaafkan sesama. Sedangkan Allah saja Maha Pemaaf untuk semua hambanya. Nah oleh karan itu selayaknya sebagai seorang hamba kita juga meniru-Nya untuk memiliki sifat yang pemaaf.
  • Memaafkan memang tidak mengubah masa lalumu, tapi memaafkan bisa memperluas masa depanmu.
    Memaafkan dia yang telah menyakitimu mungkin tidak akan mengubah apapun untuk hari ini dan hari kemarin, tapi percayalah dengan kita memaafkan orang yang telah menyakiti kita, itu akan mengubah hari esok, karna tidak akan ada lagi hal yang menganggu pikitan kita dan memperkeruh suasana hati kita.
  • Memaafkan memang sulit dilakukan, tapi berdampak penyembuhan.
   Memaafkan dapat menyembuhkan karena dengan memaafkan kita akan menyembuhkan sakit yang akan ada di hati kita, karena dendam itu layaknya racun, semakin kita membiarkanya maka dendam itu akan memenuhi sekuruh hati dan pikiran kita.
  • Memaafkan tidak selalu berarti bahwa orang tersebut memang layak dimaafkan, tapi karena kamu layak memperoleh kedamaian.
     Karena dengan maaflah kita apat merelakan semua hal yang telah terjadi dan mencoba merelakan hal tersebut, dengan itu kita akan mendapatkan ketenanga hati dan pikiran yang memberikan dampak kedamaian pada diri kita.
  • Ketika kamu memaafkan, kamu membuktikan bahwa kamu adalah pribadi yang kuat.
    Ketika kita memaafkan maka kita melatih diri kita untuk menjadi pribadi yang kuat karena hanya orang orang yang kuatlah yang dapat berlapangdada menerima dan mengikhlaskan semua masalah yang menimpa dirinya. Maka selamatlah ketika kitadapat memaafkan berarti kita adalah manusia yang berjiwa besar.

  Dan sekarang kita bahas tentang bunga, kenapa bunga??? Apa hubunganya bunga dengan dendam???

   Karena seperti apa yang telah dikatakan oleh khalifah Ali bin Abi Thalib bahwa “jadilah seperti  bunga, yang memberikan keharuman bahkan kepada tangan yang telah menghancurkan nya “. Maksutnya adalah jadilah ita layaknaya seperti bunga, ia tetap memberikan kita keharumanya walau kita telah menyakitinya dengan memetinya atau merobeknya misakan.

   Oleh karna itu jangan pernah memendam untuk mendendam, karna hanya akan ada sisi negatif yang tertampakkan, selesikan semua hal yang memberikan luka, dan tutup semua kenagan yang memberikan kepedihan. ikhlaskan semua yang memberikan luka dan kepedihan yang hanya akan menunbuhkan bibit-bibi dendam, berdamai dengan keadaan dan menjadikannya sebagai suatu  pembelajaran, jadilah layaknya” daun yang tak pernah membenci angin ketika dia gugur” dan layaknya  “bunga yang  tetap memberikan keharuman kepada tangan tangan yangtelah merusaknya”.

   Ada salah kata dalam penulisan saya mohon maaf, karena saya manusia yang tak luput dari salah dan dosa. Semoga apa yang saya sampaikan dapat bermanfaat dan berkenan di hati para pembaca sekalian.

والسلام عليكم و رحمة الله و بركاتة

Refrensi: https://www.hipwee.com/list/tips-mudah-memaafkan-dendam/

Tri Handayani
X MIPA 2

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Kontak kami

Alamat sekretariat:

SMA Muhammadiyah Al Mujahidin. Jl. KH. Agus Salim, Gg. Bogenville, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul DIY 55813

Aktivasi:

Senin - Jum'at pukul 07.30 s/d 16.00 WIB

Email

ipm.mujahidinwn18@gmail.com