Karakter Orang Beriman Menurut QS Al-Anfal(8) :2-3

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh saudaraku..

Di artikel kali ini, insyaAllah kami akan membawakan pembahasan singkat mengenai Karakter Orang Beriman menurut QS. Al Anfal ayat 2 dan 3.

Pembahasan ini kami dapat dari kajian ba'da maghrib di lingkungan SMA Muhammadiyah Al Mujahidin dan disampaikan oleh Ustadz Wahyudi, S.Pd.I. M.S.I pada 6 November 2019. Simak ya, semoga bermanfaat 😊
Allah SWT berfirman dalam QS. Al Anfal ayat 2 berbunyi : 

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَاِ ذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ اٰيٰتُهٗ زَا دَتْهُمْ اِيْمَا نًا وَّعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَ ۙ 

yang artinya : "Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal," (QS. Al-Anfal 8: Ayat 2)

Karakter yang pertama ialah ketika mendengar asma Allah maupun ayat-ayat suci Al Quran maka hatinya bergetar. Nah, ketika kita sudah sulit untuk diberi nasihat, untuk diajak ke jalan yang benar maka jangan-jangan hati kita telah mati, keras karena maksiat-maksiat yang kita lakukan. Maka, pembersihan diri itu penting dan kita harus selalu memperbaharui niat kita agar tetap lillahita'ala.

Karakter yang kedua ialah orang beriman pasti senang mendengar bacaan Al Quran. Karna ayat Al Quran itu menenangkan dan membersihkan hati kita. Jika kita mempunyai waktu senggang mari kita membaca Al Quran dan mentadaburi itu. Ya minimal kita mendengarkan ayat-ayat suci Al Quran. Dan tidak mendengarkan musik-musik yang malah isinya menjerumuskan kita.
Lalu, dilanjutkan QS. Al Anfal ayat 3 yang berbunyi :
الَّذِيْنَ يُقِيْمُوْنَ الصَّلٰوةَ وَمِمَّا رَزَقْنٰهُمْ يُنْفِقُوْنَ ۗ 

Artinya"(yaitu) orang-orang yang melaksanakan sholat dan yang menginfakkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka." (QS. Al-Anfal 8: Ayat 3)

Karakter yang ketiga ialah orang beriman pasti rajin shalat. Karena shalat mendekatkan kita kepada Allah SWT, menjauhkan dari perbuatan munkar. Jika kita merasa gelisah, galau, merana maka ambillah wudhu dan shalatlah. Shalat akan memperbaiki akhlaq kita dan didukung dengan kita yang berusaha untuk memperbaiki diri.

Karakter yang keempat ialah orang beriman pasti senang berinfak/bersedekah. Allah SWT telah banyak memberikan rezeki yang tak ternilai. Nah, salah satu amalan terpuji ada bersedekah/berinfak.

Nah, dari sekian banyaknya rezeki yang telah Allah berikan, sepatutnya kita berinfak/bersedekah. Jika kita tidak punya harta dan tenaga, senyum menyapa ramah itu sudah termasuk sedekah. Jika kita hanya mempunyai tenaga, kita bisa sedekah dengan tenaga kita seperti membantu orang lain. Dan jika kita hanya punya harta maka sedekahkan dan pergunakan harta itu untuk kemaslahatan umat. Jika kita bisa semuanya masyaAllah sekali bukan? Sekecil apapun kita bersedekah insyaAllah jika kita ikhlas lillahita'ala maka itu akan menjadi seperti berlian.

Nah, saudaraku selama kita hidup di dunia ini pasti Allah SWT akan senantiasa menguji kita. Dan karakter selanjutnya adalah bersabar menghadapi segala ujian yang Allah berikan. Karena kita hidup bagaikan sebuah kompetisi yang kita tidak tahu siapa saja pemenangnya.

Demikian paparan singkat mengenai karakter orang beriman menurut QS. Al Anfal ayat 2 dan 3. Marilah kita tadabburi bersama dan semoga dengan membaca artikel ini dapat mengetuk hati kita agar selalu meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita terhadap Allah SWT.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh saudaraku.


Saskya Physetha VTS
X MIPA

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Kontak kami

Alamat sekretariat:

SMA Muhammadiyah Al Mujahidin. Jl. KH. Agus Salim, Gg. Bogenville, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul DIY 55813

Aktivasi:

Senin - Jum'at pukul 07.30 s/d 16.00 WIB

Email

ipm.mujahidinwn18@gmail.com