LEBIH BAIK RENDAH HATI ATAU RENDAH DIRI?

     Kebanyakan dari kita salah paham tentang pengertian rendah hati dan rendah diri. Meskipun kedua-duanya menggunakan kata “rendah” namun ternyata memiliki perbedaan yang bertolakbelakang. Rendah hati adalah sikap dimana seseorang puas dengan apa yang ada dalam dirinya atau pencapaiannya namun tidak disombongkan. Sedangkan rendah diri adalah sikap dimana seseorang menganggap dirinya lebih buruk dari orang lain. Sikap rendah hati itu terpuji, sedangkan sikap rendah diri itu harus kita hindari. Sudah terlihat bukan perbedaanya? Berikut akan dijelaskan lebih detail mengenai perbedaan rendah hati dan rendah diri serta manfaat dari bersikap rendah hati.

5 Perbedaan rendah hati dan rendah diri:


Ketika mendapat pujian, bagi orang yang memiliki sikap rendah hati akan menerima pujian itu dengan mengucapkan terimakasih, namun bukan berarti ia menyombongkan diri tetapi mereka tahu bagaimana cara menghargai diri sendiri. Sedangkan orang yang memiliki sikap rendah diri akan merasa tidak layak mendapat pujian dan akan menolaknya. Mereka tidak menghargai dirinya sendiri.

2. Rendah diri cenderung anti sosial, sedangkan rendah hati sebaliknya.

Biasanya orang yang bersikap rendah diri / minder cenderung anti sosial dan tertutup. Bahkan ada yang sampai menarik dirinya terlalu jauh dari interaksi sosial dan ini merupakan kepribadian atau mental yang perlu mendapatkan bimbingan profesional dari pakar psikolog. Sedangkan orang yang bersikap rendah hati sebaliknya. Orang yang rendah hati justru akan melibatkan dirinya kepada kegiatan-kegiatan sosial di mana ia dapat bergaul seluas mungkin. Ini yang menyebabkan orang yang rendah hati akan lebih disukai dan dicintai oleh komunitasnya.

3. Orang rendah diri cenderung pesimis, sedangkan orang rendah hati selalu optimis.

Optimis dan pesimis adalah kata antonim. Memiliki makna yang bertolakbelakang. Orang yang rendah diri cenderung pesimis karena ia merasa tidak bisa, tidak mampu, atau sudah insecure dulu sebelum mencoba. Sedangkan orang yang rendah hati selalu optimis. Menunjukan bahwa kepercayaan diri bahwa dirinya bisa, dan berani mencoba tanpa melibatkan kesombongan.

4. Biasanya orang yang rendah hati cenderung sehat secara mental, sedangkan orang minder lebih mudah depresi.

   Sikap rendah diri yang terlalu lama dipupuk dalam diri seseorang suatu saat akan menumbuhkan buah-buah yang negatif, salah satunya adalah mudah depresi. Sedangkan orang yang rendah hati, biasanya ia akan memiliki risiko lebih rendah terhadap depresi. Ini karena orang rendah hati biasanya tidak selalu dipusingkan dengan apa kata orang sebab ia tahu kapasitas dan kemampuan dirinya sendiri.

5. Dalam sebuah diskusi, orang yang bersikap rendah diri tahu mana yang benar tapi memilih berdiam diri, berbeda dengan orang yang bersikap rendah hati.

Orang yang bersikap rendah diri hanya akan diam dan menyimak dalam diskusi tanpa mengeluarkan pendapat, padahal memiliki pendapat yang bagus. Mereka memilih diam karena takut pendapatnya tidak laya dan akan dianggap rendah oleh forumnya. Padahal dalam diskusi terdapat kebebasan dalam berpendapat.

     Sudah jelas bukan perbedaan antara rendah hati dan rendah diri? Kalian termasuk golongan yang mana? Selama ini beberapa dari kita salah paham, merendah untuk tidak dinilai sombong atau sok-sokan sehingga menutup diri dari interaksi sosial dengan maksud rendah hati ternyata jatuhnya malah ke rendah diri. Kita perlu hati-hati lagi.

    Sikap rendah hati adalah sikap terpuji dan memiliki banyak manfaat apabila diterapkan. Allah SWT berfirman pada Q.S.Al-Furqon: 63, yang artinya:

“Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan dibumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan, salam”

Seperti yang kita tahu, segala perkara yang ada dalam Islam pasti memiliki keutamaan dan keburukan bagi yang melakukannya, dan dalam perkara rendah hati, seseorang yang melakukan atau memiliki sikap rendah akan mendapatkan beberapa keutamaan dari sikap rendah hati.

Berikut adalah keutamaan rendah hati menurut islam :

a. Rendah hati akan memberikan jalan menuju surga.

Dalam (HR. Muslim), Rasulullah SAW. bersabda : “Tidak akan masuk surga siapa yang dalam hatinya terdapat kesombongan walaupun hanya sebesar zarrah.”

Dari hadits tersebut dapat kita ketahui, bahwa orang yang rendah hati akan masuk surga dan barang siapa yang menyombongkan dirinya walaupun hanya sedikit saja maka dia tidak masuk surga.

b. Akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT.

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah SAW. bersabda :
“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR. Muslim)

Dari hadits tersebut dapat kita ketahui bahwa Allah SWT. akan menambah kemuliaan kepada orang yang memaafkan orang lain dan Allah pun akan mengangkat derajat orang yang merendahkan dirinya atau tidak menyombongkan dirinya dihadapan Allah maupun hamba-Nya.

c. Hatinya tenang.

Orang yang selalu merendahkan dirinya, maka ia akan merasakan kedamaian dan ketenangan dalam hatinya. Karena dia tidak perlu menyombongkan dirinya dihadapan orang lain dan tidak akan merasa iri ketika ada orang lain yang lebih tinggi dan lebih hebat darinya

d. Rendah hati (Tawadhu’) merupakan jalan menuju ke-kemuliaan.

     Dari Abu Bakar Ash-Shidiq, ia berkata : “Kami dapati kemuliaan itu datang dari sifat takwa, qana’ah(merasa cukup), muncul karena yakin (pada apa yang ada di sisi Allah), dan kedudukan yang mulia didapat dari sifat tawadhu’ .”

e. Disegani dan dihormati orang lain.

    Orang menjadi segan dan hormat kepada kita karena tahu kelebihan yang kita miliki, namun kita tetap rendah hati dan tidak menyombongkan diri.

    Nah, itu adalah keutamaan dari rendah hati menurut pandangan islam. Kerendahan hati tidak akan membuatmu hina, justru kerendahan hati akan membuatmu lebih terhormat dihadapan orang lain.


“Seperti padi, kian berisi kian merunduk”
Lathifah Hanun
X MIPA 2

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Kontak kami

Alamat sekretariat:

SMA Muhammadiyah Al Mujahidin. Jl. KH. Agus Salim, Gg. Bogenville, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul DIY 55813

Aktivasi:

Senin - Jum'at pukul 07.30 s/d 16.00 WIB

Email

ipm.mujahidinwn18@gmail.com