Senjata Doa

Bismillahirrahmanirrahiim

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh

Apa kabar wahai hati...?
Masihkah kau seperti embun pagi?
Yang setia merunduk tawadu’ diujung daun.
Masihkah kau seperti batu karang?
Yang selalu tegar menghadapi gelombang ujian.
Dan apa kabar wahai sahabat ranting...?
Semoga kita selalu dalam lindungan dan kasih sayang Allah Swt. Aamiin.

   Sahabat ranting marilah kita senantiasa panjatkan puji syukur kehadirat Allah Swt. Karena berkat beliaulah kita masih diberi kesehatan dan kesempatan melakukan aktivitas keseharian kita meskipun ditengah pandemi covid-19  saat ini.

  Tak lupa sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi Agung, Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan kepada pengikutnya. Semoga kita senantiasa mendapatkan syafaatnya di yaumul akhir nanti. Aamiin

DOA seperti halnya KUNCI
Ia digunakan untuk membuka pagi dan menutup malam hari
Supaya menjalani hari penuh berkah nan indah
Dan menemani malam yang damai dan sejahtera

  Kita diciptakan Allah sebagai insan yang lemah tanpa bantuan dan pertolongannya. Usaha kita sehebat apapun akan sia-sia tanpa adanya doa.
Oleh karena itu, marilah kita berdoa kepada Allah Swt. Wahai sahabat ranting!! Kita adalah insan yang lemah dan sangat membutuhkan Allah. Maka berhentilah meninggikan hati dan senantiasa merendah dirilah kepada-Nya, serta meminta ampunan dan taufik kepada-Nya.

  Berdoa itu dapat diibaratkan seperti ketika kita memohon atau meminta sesuatu kepada orang tua. Kita waktu meminta sesuatu, tentu sikap cara kita bicara kepada orang tua tidak sembarang. Bahkan bersungguh-sungguh dalam setiap kata yang kita ucapkan. Oleh karena itu, kita berdoa juga harus memiliki adab. Apalagi ini kita memohon dan meminta kepada Allah yang Maha Pencipta. Berikut beberapa adab ketika berdoa,  diantaranya :

1. Memulai doa dengan memuji Allah terlebih dahulu menggunakan nama-Nya yang baik (asmaul husna). Dan bersholawat kepada Rasul-Nya.

2. Menghadap kiblat dan mengangkat kedua telapak tangan.

3. Bersabarlah ketika berdoa. Jangan tergesa-gesa dan coba untuk dihayati.

4. Berbaik sangka kepada Allah dan yakinlah saat berdoa.

5. Berdoa diantara waktu yang mustajab. Seperti waktu diantara adzan dan iqamah, ketika turun hujan, waktu sepertiga malam terakhir, waktu menjelang berbuka puasa, dalam keadaan terdholimi, dan seterusnya.

  Doa yang benar hendaknya dilakukan dengan niat ikhlas dan bersungguh-sungguh. Karena kualitas sikap dan niat seseorang dalam berdoa dapat menentukan doa tersebut dikabulkan oleh Allah. Namun, apabila doa kita tak kunjung dikabulkan oleh Allah, kita seharusnya tetap positive thinking. Barangkali doa kita akan terkabulkan, namun dengan catatan ditunda terlebih dahulu atau justru Allah menggantikannya dengan yang lebih baik dari yang kita minta. Allah itu Maha Tahu kok. Allah berfirman dalam QS Gafir(40) :60

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ (٦٠

  Artinya: Dan Allah Berfirman: Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.

  Hai sahabat ranting!!! Tak terasa bulan Ramadhan tinggal menghitung hari (H-9). Dan disini saya mengajak diri saya pribadi dan sahabat ranting sekalian untuk memperbanyak doa dan memohon ampunan kepada Allah Swt. Marilah kita mendekatkan diri kepada Allah Swt dengan amalan-amalan fardhu (wajib) ataupun yang sunnah serta hal-hal yang mendekatkan diri kepada-Nya. Semoga kita dapat menjalankan ibadah di bulan suci ramadhan dengan izin Allah Swt dan semoga wabah virus covid-19 ini segera berlalu. Aamiin.

Nuun Wal Qalami Wamayasturuunn.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh


Referensi : Kado Cantik untuk Wanita,

Ananda Septi R
XI MIPA

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Kontak kami

Alamat sekretariat:

SMA Muhammadiyah Al Mujahidin. Jl. KH. Agus Salim, Gg. Bogenville, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul DIY 55813

Aktivasi:

Senin - Jum'at pukul 07.30 s/d 16.00 WIB

Email

ipm.mujahidinwn18@gmail.com