IMAM-IMAM BARU DI BULAN RAMADHAN

Ramadhan 1441 H
Selasa 28  April  2020

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.           
الحمد لله  والصلاة والسلام على رسول الله.       

   
       Para syabaab yang insyaallah dirahmati Allah Subhanahu wa ta'ala. Bagaimanakah kabar kalian?  Semoga Allah Subhanahu wa ta 'ala senantiasa melindungi kita semua dan hambanya yang selalu bersyukur disaat lapang dan senang, maupun dalam keadaan tersungkur, semua yang terjadi saat ini merupakan takdir yang telah Allah Subhanahu wa ta 'ala rencanakan untuk dunia ini.
       
     Tentu, semua musibah dan cobaan yang manusia alami,  merupakan ujian yang diberikan Allah Subhanahu wa ta 'ala dan pasti terdapat hikmahnya. Para syabaab, bagaimanakah kabar kegiatan Ramadhan dilingkungan kalian? Apakah masih  sama  seperti bulan Ramadhan tahun lalu? Tentu di bulan Ramadhan yang mulia ini, kita mengadakan dan memeriahkannya hanya dengan "Dirumahsaja". Tetapi bukan berarti serta merta mengurangi kualitas ibadah kita Kepada Allah Subhanahu wa ta' ala.
         
       Tentu dengan "Dirumahsaja" kita dapat beribadah dengan keluarga tercinta, yang biasanya sholat berjama'ah di masjid lima waktu,yang biasanya belajar dan mengajar TPA di masjid dengan adek adek kecil dan mungil yang haus akan ilmu dan Takjil, dan satu lagi yang paling identik dengan Bulan Ramadhan, apa kira kira? Yah betul sekali sholat TARAWIH yang biasa dilakukan Umat Muslim saat bulan Ramadhan. Masih adakah di daerah kalian? Tentunya tidak ada bahkan jarang ,karena pemerintah telah menghimbau seluruh masyarakatnya untuk tidak melakukan kegiatan yang melibatkan banyak orang, dan ketaatan kepada pemerintah merupakan bagian dari ketaatan kepada Alla azza wa jalla.
         
       Sholat Tarawih yang biasanya dilakukan di masjid secara berjama'ah, tetapi dengan keadaan saat ini yang tidak memungkinkan untuk berjama'ah di masjid, maka sholat Tarawih, haruslah di lakukan dirumah dengan keluarga tercinta. Sehingga dengan sholat Tarawih dirumah munculah "IMAM - IMAM BARU DI BULAN RAMADHAN," dengan menjadi imam tentulah harus mampu membaca Al Qur an, dan mempunyai Hafalan Al Qur an Yang cukup untuk menjadi Imam bersama keluarga tercinta. Lalu bagaimana yang hafalanya belum cukup? Bagaimana dengan pelafalan tajwid yang belum sepenuhnya benar?

       Saudaraku sekalian Agama Islam merupakan agama yang memiliki aturan yang mudah untuk di praktekkan bagi setiap pengikutnya.Maka dalam hal ini ulama bersepakat bahwasanya Sholat Tarawih sambil membaca dan memegang Al Qur an diperboleh kan, karena demi kemaslahatan ummat. Ah, ngawur kamu mana dalilnya,apakah sahabat atau Rasulullah shallallahu alahi wa sallam pernah contohkan??

● Imam Bukhari membawakan dalam kitab shahihnya,

وَكَانَتْ عَائِشَةُ يَؤُمُّهَا عَبْدُهَا ذَكْوَانُ مِنَ الْمُصْحَفِ

“Aisyah pernah diimami oleh budaknya Dzakwan dan ketika itu ia membaca langsung dari mushaf.”

● Ibnu Nashr mengeluarkan hadits-hadits tentang masalah qiyamul lail (shalat malam) dan Ibnu Abu Daud dalam Al Mashahif dari Az Zuhri rahimahullah, ia berkata ketika ditanya mengenai hukum shalat sambil membaca dari mushaf, “Kaum muslimin terus menerus melakukan seperti itu sejak zaman Islam dahulu.” Dalam perkataan lain disebutkan, “Orang-orang terbaik di antara kami biasa membaca Al Quran dari mushaf saat shalat.”

● Imam Ahmad berkata, “Tidak mengapa mengimami jamaah dan melihat mushaf langsung ketika itu.” Beliau ditanya, “Bagaimana dengan shalat wajib?” Jawab beliau, “Aku tidak pernah melihat untuk shalat wajib seperti itu.”

 ■ Nah dari penjelasan diatas point yang dapat diambil yaitu :
- Sholat sambil membaca Al Qur an di perbolehkan
- Sholat sambil memegang mushaf Al Qur an di diperbolehkan
- Makmum pun tak perlu memegang atau membaca mushaf saat imam membaca Al Qur an.

     Dengan pembahasan yang ada diatas semoga dapat membantu dan memaksimalkan syabaab sekalian, dalam beribadah di Bulan Ramadhan ini.Sekian dari saya mohon maaf banyak kesalahan.

Wallahul muwafiq ilaa aqmawithariq

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ   

             
#let's go hijrah keep to sunnah.
#Hayyakumullah.
#Dirumahaja.
#Salam buat keluarga.


Bagus Aji Saputro
X IPS

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Kontak kami

Alamat sekretariat:

SMA Muhammadiyah Al Mujahidin. Jl. KH. Agus Salim, Gg. Bogenville, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul DIY 55813

Aktivasi:

Senin - Jum'at pukul 07.30 s/d 16.00 WIB

Email

ipm.mujahidinwn18@gmail.com