Uraian Tentang Hati

    Alhamdulillah, marilah kita selalu panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT karena karunia-Nya kita dapat berkumpul mendengarkan kultum singkat yang semoga saja bermanfaat bagi pendengar serta yang menyampaikan. Allahumma Aamiin..

   Sholawat serta salam semoga senantiasa terhaturkan kepada penghulu kita Nabi Muhammad SAW serta kepada keluarga sahabat dan pengikutnya. Semoga kita semua mendapat syafaatnya di yaumul akhir kelak.

   Tak lupa saya ucapkan terimakasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan sehingga saya dapat menyampaikan sedikit materi yang berjudul "Uraian Tentang Hati."

   Saudaraku, sesuatu yang paling berharga bagi diri seorang  insan adalah hatinya. Dan sesuai fitrahnya hati siap menerima hidayah, nafsu, syahwat serta hal-hal yang condong kepadanya. Sesuai firman-Nya pada QS, An-Nas/114 : 4-5:

مِن شَرِّ ٱلْوَسْوَاسِ ٱلْخَنَّاسِ (٤) 

ٱلَّذِى يُوَسْوِسُ فِى صُدُورِ ٱلنَّاسِ (٥)

  Yang artinya : “Dan kejahatan (bisikan) setan yang bersembunyi. Yang membisikan kejahatan ke dalam dada manusia.”

   Diibaratkan seperti benteng yang mempunyai banyak pintu yang harus dijaga, dilindungi, dan selalu diperbaiki agar tahan dari gebrakan musuh-musuh yang senantiasa berusaha masuk, menyerang, merebut, serta menguasai benteng tersebut. 

   Ya, itulah hati. Dimana benteng ialah hati, pintu-pintu masuk ialah sifat-sifat manusia, dan musuh-musuh ialah setan yang senantiasa mengganggu manusia.  Pintu-pintu masuk tersebut ada banyak macamnya, seperti sifat-sifat manusia yang dapat melemahkan pertahanan hati.

Diantara banyak manusia berikut beberapa diantaranya :

1. Rasa Iri, Dengki, dan Ambisi
  Orang yang mempunyai perasaan iri dan dengki pasti berasal dari prasangka buruk atau suudzon, dan dalam sabda Rasulullah SAW yang artinya Berprasangka baikhlah terhadap orang mukmin, karena berprasangka buruk itu berasal dari niat yang buruk dan batin yang jahat. Nah, itu muncul karna bisikan-bisikan setan atau pengaruh dari setan. Dan orang yang mempunyai rasa ambisi yang berlebihan, pasti akan melakukan segala cara untuk merealisaikannya meskipun itu hal yang munkar dan keji.

2. Amarah, syahwat, dan keras hati
  Saat amarah otomatis emosional kita akan naik turun tudak stabil dan tidak bisa berpikir secara jernih, kalau kita marah-marah ketawa dah tu setan karna udah berhasil membisikan racun-racun dan api-api emosi.  Syahwat, akan muncul sebab godaan setan juga bujukan setan tanpa kita sadari. Dan jika kita keras hati itu disebabkan karena maksiat-maksiat yang menyebabkan noda hitam di hati kita sehinga kita menjadi susah untuk diberi nasihat maupun  ilmu-ilmu agama. Jika manusia keras hati maka setan bisa membalikan hatinya sebagai anak kecil  yang membalikkan bola.

3. Membawa orang-orang awam kepada fanatisme madzhab, tanpa melaksanakan amalan yang semestinya.
   Membawa orang-orang awam kepada  fanatisme madzhab, tanpa mempelajari madzhab yang lain. Sehingga pemahamannya terbatas pada mazhab yang dipelajarinya saja. Padahal sebagai seorang pembelajar, kita wajib belajar secara menyeluruh, sehingga kita benar-benar paham, selain itu menjadikan kita lebih banyak mendapatkan ilmu,dan lebih bijak dalam menyampaikan ilmu kepada orang lain.

4. Berburuk sangka kepada sesama muslim.

  Seperti yang saya sampaikan sebelumnya bahwa prasangka buruk muncul dari niat buruk dan batinyang jahat. 

   Demikian kultum yang dapat kami sampaikan, untk mengakhiri disini saya mengajak untuk saudara-saudara sekalian agar senantiasa menjaga benteng kita memperbaiki pintu-pintu kita dengan cara selalu taqqarub/mendekatkan diri kepada Allah SWT dan melakukan amalan-amalan sholih. Bersama-sama kia berprogres nyampe beres pokoknya mah.

  Ada salah kata yang kurang berkenan saya mohon maaf karna manusia tempatnya salah dan dosa. Semoga apa yang saya sampaikan dapat diterima dan bermanfaat bagi kita semua.


Referensi: Qudamah, Ibnu. Mukhtasar Minhajul Qashidin. Darul Haq: Jakarta


Saskya Physetha VTS
XI MIPA 2

0 komentar:

Post a Comment

Contact

Kontak kami

Alamat sekretariat:

SMA Muhammadiyah Al Mujahidin. Jl. KH. Agus Salim, Gg. Bogenville, Ledoksari, Kepek, Wonosari, Gunungkidul DIY 55813

Aktivasi:

Senin - Jum'at pukul 07.30 s/d 16.00 WIB

Email

ipm.mujahidinwn18@gmail.com